Tahukah Anda, Indonesia merupakan Negara agraris terbesar di dunia? Dengan berbagai macam tanaman pangan yang tersebar luas di seluruh Indonesia membuat sebagian besar masyarakat Indonesia bermata pencaharian sebagai petani. Tahukah Anda tentang pertanian di Indonesia? Sangat miris bukan, jika kita yang tinggal di Negara agraris tetapi kita tidak mengetahui pertanian di Indonesia.


Apa itu Pertanian? Dalam arti luas, Pertanian diartikan sebagai semua yang mencakup kegiatan pertanian (tanaman pangan dan hortikultura), perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan. Usaha pertanian diberi nama khusus untuk subjek usaha tani tertentu. Kehutanan adalah usaha tani dengan subjek tumbuhan (biasanya pohon) dan diusahakan pada lahan yang setengah liar atau liar (hutan). Peternakan menggunakan subjek hewan darat kering (khususnya semua vertebrata kecuali ikan dan amfibia) atau serangga (misalnya lebah). Perikanan memiliki subjek hewan perairan (termasuk amfibia dan semua non-vertebrata air). Suatu usaha pertanian dapat melibatkan berbagai subjek ini bersama-sama dengan alasan efisiensi dan peningkatan keuntungan.

Pertanian di Indonesia memang sangat luas bidangnya. Banyak sumber daya hayati di Indonesia yang dapat explore ke beberapa produk pangan yang memiliki kualitas baik. Tetapi tak banyak warga Indonesia yang mencintai produk dalam negeri. Warga Indonesia lebih suka memilih produk-produk luar negeri yang kata mereka produk luar negeri lebih enak dan lebih berkualitas. Perhatian pemerintah terhadap petani Indonesia juga semakin menurun tiap tahunnya. Sehingga membuat para petani enggan untuk meneruskan usahanya dan memilih untuk usaha lain. Mau dikemanakan Negara agraris kita jika para petani pun tidak ada?
Ya, memang sudah seharusnya kita lebih mengenal produk-produk dalam negeri. Dengan membeli produk-produk dalam negeri, itu sudah dapat membantu kemajuan pertanian di Indonesia. Lagipula kualitas produk-produk dalam negeri juga tidak kalah dengan produk-produk luar negeri.